Perkembangan Kehamilan di Minggu 4

Oleh Lika Aprilia Samiadi

Data medis direview oleh dr. Yusra Firdaus.

Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin di usia kehamilan 4 minggu?

Saat ini bayi Anda memasuki minggu ke-4 masa kehamilan. Bayi Anda kini berukuran sebesar biji opium yaitu sekitar 2mm. Secara teknis bayi Anda disebut embrio. Embrio terdiri dari dua lapisan sel yang akhirnya akan berkembang menjadi semua organ dan bagian tubuh bayi Anda. Dua struktur lain yang berkembang saat ini adalah amnion dan yolk sac. Amnion terisi oleh cairan ketuban yang akan mengelilingi dan melindungi embrio yang sedang berkembang. Yolk sac akan memproduksi darah dan membantu merawat embrio sampai ari-ari mengambil alih.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh ibu hamil di minggu 4?

Pada minggu ini embrio Anda akan melekat pada rahim. Hal ini disebut implantasi atau penanaman. Sesudah implantasi, bayi Anda mulai memproduksi hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (HCG),yang akan membantu menjaga dinding rahim. Hormon ini mengirim sinyal ke indung telur untuk berhenti melepaskan telur setiap bulan, yang membuat menstruasi Anda berhenti. Beberapa wanita mengalami sedikit kram dan bercak darah pada minggu ini selama implantasi berlangsung sehingga mereka salah mengira itu merupakan menstruasi karena bercak-bercak ini biasanya muncul di waktu yang sama dengan jadwal menstruasi.

HCG adalah nama hormon yang diukur dalam tes kehamilan. Di minggu ke-4 ini, tes kehamilan sudah mampu mendeteksi kehamilan Anda. HCG juga menyebabkan munculnya gejala-gejala kehamilan yang dapat muncul di minggu ini.

Anda mungkin akan merasa lelah, kesemutan, sakit pada payudara, dan mual. Gejala-gejala ini mirip seperti saat masa menstruasi. Tetapi di akhir minggu ini masa menstruasi tidak akan datang karena kehamilan Anda sudah berlangsung.

Menjaga kehamilan yang berjalan 4 minggu

Anda mungkin bertanya-tanya apakah gejala yang Anda alami ini adalah gejala awal kehamilan. Berikut adalah beberapa gejala yang menandakan kehamilan Anda:

  • Rasa sakit dan pembengkakan pada payudara: banyak wanita mengatakan mereka merasakan sakit yang sama seperti saat menstruasi, namun lebih parah.
  • Kelelahan: Anda mungkin akan merasa sangat lelah. Peningkatan konsentrasi pada hormon progesteron dapat membuat Anda merasa seperti habis berlari dengan jarak yang jauh
  • Sering buang air kecil: saat hamil Anda akan mendapati diri Anda sering sekali ke toilet
  • Sensitif dengan aroma: banyak wanita hamil sering merasa kewalahan dengan aroma di awal masa kehamilan. Hal ini mungkin merupakan efek samping dari tingkat estrogen yang meningkat pesat di tubuh Anda
  • Hilangnya nafsu makan: pada masa ini Anda akan lebih sering mengeluarkan isi perut atau muntah, bukan mengidam. Anda dapat tiba-tiba merasa makanan yang dulu Anda sukai menjadi menjijikkan saat ini
  • Mual atau muntah: morning sickness biasanya baru dialami pada beberapa minggu awal kehamilan. Namun, terdapat beberapa wanita yang sudah mengalami mual-mual bahkan sejak sebelumnya
  • Suhu tubuh yang tinggi: Jika suhu tubuh Anda konstan tinggi selama 18 hari berturut-turut maka terdapat kemungkinan kehamilan
  • Perdarahan atau bercak darah: beberapa wanita mengalami bintik-bintik merah atau cokelat kemerahan selama siklus menstruasi mereka. Jika Anda merasakan sakit saat perdarahan, segera hubungi dokter karena hal ini dapat menjadi gejala kehamilan ektopik.

Jka Anda mengalami gejala-gejala tersebut, Anda dapat melakukan tes kehamilan. Tes kehamilan dapat dilakukan dari hari pertama Anda melewatkan menstruasi Anda.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 4?

Beri tahukan kepada dokter jika Anda mengalami tanda-tanda kehamilan. Jika Anda memiliki keluhan atas perubahan pada tubuh Anda, dokter Anda adalah pilihan terbaik untuk memandu Anda. Ini akan menjadi waktu yang tepat untuk menemukan dokter kandungan (ObGyn) yang paling cocok untuk Anda. Penting untuk menemukan dokter yang membuat Anda merasa nyaman.

Tes yang mungkin dibutuhkan di usia kehamilan 4 minggu

Satu-satunya tes yang perlu Anda ketahui adalah tes kehamilan Anda. Jika Anda tidak melakukannya minggu lalu, belilah alat tes kehamilan sekarang.

Tes kehamilan memang membingungkan untuk dibaca. Tes kehamilan juga tidak selalu tepat, maka dianjurkan untuk melakukannya beberapa kali untuk memastikan hasilnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s