Perkembangan Kehamilan di Minggu 3

Oleh Lika Aprilia SamiadiData medis direview oleh dr. Yusra Firdaus.

Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin di usia kehamilan 3 minggu?

Walaupun Anda belum bisa merasakan kehamilan Anda, tapi yakinlah pada saat ini bayi sedang tumbuh dan berkembang di dalam diri Anda. Telur yang telah dibuahi akan mengalami pembelahan sel. Sekitar 30 jam setelah pembuahan, telur akan terbagi menjadi dua sel, lalu empat sel, lalu delapan sel, dan terus terbelah sampai berpindah dari tuba fallopi ke rahim. Saat perjalanannya ke rahim,  kelompok sel ini terlihat seperti bola kecil yang disebut embrio.

Lalu embrio ini akan berlubang dan terisi dengan cairan yang disebut blastocyst. Mendekati akhir minggu, cairan blastocyst akan melekatkan dirinya pada lapisan rahim. Hal ini dinamakan implantasi atau penanaman. Implan pada rahim ini menciptakan koneksi penting: endomentrium akan menyediakan nutrisi dan membuang kotoran untuk embrio yang berkembang. Lalu implan akan tumbuh menjadi ari-ari, yang mana akan membantu merawat bayi Anda 9 bulan kedepan.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh ibu hamil di minggu 3?

Tubuh Anda akan mengalami beberapa perubahan untuk menyokong telur yang dibuahi. Pada saat ini mungkin Anda belum mengetahui kehamilan Anda. Di akhir minggu ini Anda mungkin menyadari adanya bercak kecil yang disebut pendarahan implantasi. Hal ini menunjukan telur yang dibuahi telah melekat pada dinding rahim Anda. Tidak semua wanita mengalami bercak-bercak dan beberapa wanita mengalami bercak-bercak pada saat yang sama dengan jadwal menstruasi.

Menjaga kehamilan yang berjalan 3 minggu

Morning sickness, juga ngidam asinan dan es krim, adalah salah satu gejala yang sering kali terjadi pada masa kehamilan walaupun tidak semua wanita mengalami hal ini. Penelitian menunjukan bahwa hampir tiga perempat dari semua wanita yang ngidam dan muntah mengalami “morning sickness” dan hal ini menunjukan bahwa seperempat dari sisanya tidak akan mengalami gejala kehamilan ini. Jika Anda salah satu dari mereka yang tidak ngidam atau hanya sesekali merasa mual ringan, Anda adalah orang yang sangat beruntung.

Tiga perempat dari wanita hamil menderita morning sickness setiap hari. Namun, yakinlah walaupun Anda mengalami hilangnya nafsu makan dan kehilangan berat badan di tiga bulan pertama masa kehamilan, hal ini tidak akan menyakiti bayi Anda selama Anda bisa menambah kembali berat badan yang akan hilang dalam beberapa bulan berikutnya. Berat badan akan bertambah cukup mudah karena rasa mual dan muntah akan hilang pada pertengahan minggu ke 12 sampai minggu ke 14 masa kehamilan. Tidak ada penelitian yang tahu pasti penyebab morning sickness.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 3?

Anda harus berkonsultasi dengan dokter saat mengetahui kehamilan Anda. Dokter akan meminta Anda mengikuti tes kehamilan. Anda mungkin tidak perlu bertemu dengan dokter kembali sampai minggu kedelapan masa kehamilan.

Tes yang mungkin dibutuhkan di usia kehamilan 3 minggu

Cara terbaik untuk memastikan kehamilan Anda yaitu dengan menggunakan home pregnancy test. Anda dapat membelinya di apotek terdekat. Home pregnancy test dapat dipakai dari hari pertama Anda telat menstruasi. Anda dapat membeli lebih dari satu untuk memastikan hasilnya. Tes tersebut mengukur hormon tertentu yang ditemukan dalam urin Anda, yang disebut Human Chorionic Gonadotropin (HCG). Hormon tersebut terlepas dari ari-ari.  Tergantung dari tipe kehamilan Anda, hasil positif akan menunjukan tanda plus atau dua garis pink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s