PMS (Premenstrual Syndrome)

Gejala-gejala tidak nyaman berikut terjadi 1-2 minggu sebelum haid dimulai—seperti mudah marah, sakit di perut, mudah ngantuk, dan sakit kepala—yang akan hilang ketika darah haid mulai keluar, yang umum disebut sebagai PMS (premenstrual syndrome). Banyak perempuan yang mengalami PMS, yang disebabkan oleh perubahan hormon setelah ovulasi.

Di bawah ini adalah jawaban dari beberapa orang tentang PMS:

Berapa banyak orang yang menderita PMS?gambar-big-03

Tahukah kamu apa PMS itu?

  1. Ya   41,2%
  2. Pernah dengar, tapi tidak tahu banyak   29,8%
  3. Tidak   29,0%

Apakah kamu merasa tdak nyaman sebelum mulai haid?

  1. Selalu   41,2%
  2. Kadang-kadang   51,9%
  3. Tidak pernah   8,0%

Gejala PMS yang menunjukkan perbedaan jelas antara kelompok usia

gambar-big-04

Inilah gejala-gejala PMS yang semua perempuan mengalami!

5 gejala PMS teratas

  1. 1.Mudah marah
  2. 2.Nyeri perut/perut bagian bawah
  3. 3.Sakit kepala
  4. 4.Ngantuk
  5. 5.Payudara nyeri/membengkak

Gejala fisik

Nyeri perut / Nyeri perut bawah / Sakit perut / Perut bawah membengkak / nyeri punggung bawah / Pinggul merasa berat / nyeri di pinggul hingga punggung / nyeri bahu / payudara nyeri dan bengkak / sakit kepala / kepala pengap / mual / menggigil / demam mendadak / palpitasi / pusing / anemia / pingsan / gejala seperti demam / merasa tercekik / demam terus menerus / kulit kasar / jerawat / panas di selangkangan / kulit kepala berminyak / ketombe / sakit berdenyut-denyut di belakang mata / mata membengkak / gusi membengkak / sariawan / bibir pecah-pecah / dermatitis atopik / gatal / lesu / lelah /badan membengkak / berat badan bertambah / menggemuk / pinggang melebar / nafsu makan meningkat atau menurun / ingin makanan manis / lebih sensitif terhadap alkohol / pencernaan terganggu / sembelit / diare / nyeri pencernaan / nyeri ketika buang air kecil / lebih sering buang air kecil / wasir / gas keluar / air seni bau / bau badan / gatal di vagina / pendarahan di vagina / lebih banyak darah haid yang keluar

Gejala mental

Cepat marah / mental labil / mudah depresi /apatis / sulit konsentrasi / sulit mengerjakan pekerjaan dengan teliti / sering melamun / sulit bangun di pagi hari / mengantuk / sulit tidur

Apakah PMS itu?

Kumpulan gejala yang terjadi sebelum haid dimulai

PMS adalah kumpulan gejala ketidaknyamanan fisik dan mental yang terjadi sekitar 1-2 minggu sebelum dimulainya haid, yang akan menghilang ketika pendarahan haid dimulai, yang membuatnya berbeda dengan dysmenorrhea (yang dijelaskan di bagian “nyeri haid”). Gejala PMS menghilang ketika darah haid keluar, sedangkan gejala dysmenorrhea memuncak 2-3 hari setelah haid dimulai.

Gejala PMS berikut biasanya diakibatkan oleh perubahan di hormon kewanitaan yang terjadi setelah ovulasi. Diduga bahwa hormon progesteron mungkin menjadi salah satu penyebabnya, karena pengeluaran hormon tersebut meningkat sebelum menstruasi dan mendadak berkurang ketika pendarahan dimulai. Namun, penyebab pastinya masih belum ditemukan.

Perut membengkak, nyeri, mudah marah, dll.

Gejala-gejala spesifik berikut bervariasi untuk setiap orang, tetapi gejala yang umum termasuk gejala fisik seperti pembengkakan dan nyeri di perut, pembengkakan dan nyeri di payudara, badan membengkak, sakit kepala, nyeri pundak, berat badan naik, sembelit, serta gejala mental seperti mudah marah, depresi, apatis, serta sulit berkonsentrasi.

Stres membuat PMS memburuk

PMS secara signifikan mempengaruhi kondisi mental kamu. Sudah umum dikenal bahwa rasa stres membuat PMS menjadi lebih buruk.

Maka dari itu, ketika PMS terjadi, sangat disarankan untuk bersantai sejenak ketika kamu bisa. Mengacuhkan gejala-gejala yang tidak nyaman tidaklah membuatnya hilang, bahkan gejala tersebut biasanya akan menjadi lebih buruk dan membuatmu menjadi lebih stres. Jika kamu termasuk mudah stres, kamu sebaiknya berhati-hati. Perubahan suasana atau melakukan sesuatu yang berbeda dapat membantu untuk mengurangi stres, baik fisik dan mental.

Orang yang merasakan tekanan saat PMS biasanya adalah …

  • Perokok / orang yang minum alkohol dan/atau kopi dalam jumlah banyak / Sering ngemil
  • Teliti / perfeksionis / kompetitif
  • Mudah cemas / cenderung tidak mau menunjukkan perasaan / mereka yang terus menahan ketidaknyamanan
  • Mereka yang tidak bisa menerima sifat kewanitaan mereka / mereka yang berpikir bahwa haid cuma menyusahkan

Cara menangani PMS

Cara mengelola gejala-gejala PMS dengan efektif

Jika gejala PMS yang kamu rasakan sudah sampai mempengaruhi kehidupan sehari-harimu, menahan rasa sakit terus menerus hanya akan memperparah kondisimu segeralah pergi berkonsultasi ke ginekolog.

Pada dasarnya metode penanganan PMS tergantung dengan gejala yang kamu alami. Sebagai contoh, pereda rasa nyeri untuk nyeri punggung bagian bawah, diuretik untuk pembengkakan, dan antidepresan atau penenang untuk mudah marah serta depresi. Untuk beberapa kasus, pil kontrasepsi bisa digunakan untuk mengontrol ovulasi serta meningkatkan keseimbangan hormon. Obat herbal Cina juga efektif dan biasa digunakan untuk perawatan PMS.

Jika gejala-gejala tersebut menjadi semakin parah secara mendadak, mungkin ada penyakit yang menyebabkannya, seperti endometriosis. Pastikan kamu segera pergi ke ginekolog untuk berkonsultasi tentang gejala yang kamu alami setidaknya sekali.

Catat suhu tubuh dasarmu dan buatlah buku harian PMS

Jika kamu terus mencatat hejala PMS yang kamu alami bersamaan dengan suhu tubuh dasarmu setiap harinya, kamu bisa melihat jika ada perubahan pada tubuhmu dan menyadari bahwa “gejala-gejala berikut akan segera menghilang”. Dengan melakukan hal tersebut, kamu tidak akan mudah cemas lagi dan bahkan akan membuat gejala PMS yang kamu rasakan menjadi lebih ringan. Kami sangat menyarankan kamu untuk membuat buku harian PMS.

library_basic_004_img_004

Cara menangani PMS dengan perawatan diri

Sedikit perawatan diri bisa dilakukan untuk menangani gejala PMS. Gunakan cara-cara yang kamu merasa nyaman agar kamu merasa rileks, seperti menggunakan aromaterapi, pijat, berendam kaki, berolahraga ringan, atau yoga.

Untuk rutinitas harianmu, istirahatlah yang cukup. Untuk makanan, cobalah mengurangi konsumsi kafein, seperti kopi, dan juga kurangi asupan gula dan garam. Hindari rokok maupun minuman beralkohol. Memakan makanan yang kaya akan nutrisi seperti vitamin B6 dan E, kalsium, magnesium serta soy isoflavone dari suplemen makanan.

Cara menangani PMS dengan perawatan diri

Sedikit perawatan diri bisa dilakukan untuk menangani gejala PMS. Gunakan cara-cara yang kamu merasa nyaman agar kamu merasa rileks, seperti menggunakan aromaterapi, pijat, berendam kaki, berolahraga ringan, atau yoga.

Untuk rutinitas harianmu, istirahatlah yang cukup. Untuk makanan, cobalah mengurangi konsumsi kafein, seperti kopi, dan juga kurangi asupan gula dan garam. Hindari rokok maupun minuman beralkohol. Memakan makanan yang kaya akan nutrisi seperti vitamin B6 dan E, kalsium, magnesium serta soy isoflavone dari suplemen makanan.

~ Yuk kita latihan YOGA! ~

Posisi peregangan ke samping untuk mengontrol amarah

Duduk untuk waktu yang lama akan membuat otot menegang serta menghambat peredaran darah. Aliran darah serta getah bening yang terhambat adalah salah satu penyebab utama orang menjadi mudah marah. Hadapkan kepala ke depan sambil duduk, lalu tarik dan regangkan badanmu ke samping hingga ototmu merasa tertarik. Lakukan untuk sisi satunya lagi. Melakukan ini akan banyak membantumu untuk rileks!

 

Posisi peregangan tulang punggung untuk menyegarkan jiwa

Kapanpun kamu merasa sedih atau kesal, tariklah napas yang dalam melalui hidung (pernapasan perut), dan regangkan tulang punggungmu dengan gerakan ke depan. Kamu akan merasakan aliran darah yang menyegarkan di punggung, pundak, dan lengan yang akan menyegarkan jiwa.

Posisi kucing untuk meringankan ketegangan perut

Di kehidupansehari-hari, kita jarang melatih panggul kita. Walaupun demikian, menggerakkan panggul adalah kunci untuk menjaga organ kewanitaan. Aliran darah yang lancar dapat mengurangi rasa nyeri di perut bagian bawah.

Gerakan memuntir untuk membuat tubuh santai

Menstabilkan aliran darah, getah bening, serta energi ke seluruh tubuh adalah cara jitu untuk mengatasi nyeri haid seperti pembengkakan, dengan cara mengurangi beban yang dirasakan berbagai macam aggota tubuh, sehingga membantu meringankan ketidaknyamanan. Cobalah puntir tubuh bagian atas ke kiri dan ke kanan sambil berdiri. Ini akan membantu membuat posturmu lebih tegap juga!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s