Kenali Gejala Kanker Serviks dan Pilihan Pengobatan Herbal Terbaiknya

Kanker serviks menyerang serviks atau leher rahim yaitu bagian peralihan rahim ke liang vagina. Penyakit ini disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik yang menyerang leher rahim.

Jenis kanker ini menempati posisi pertama yang menyerang kaum wanita di Indonesia. Artikel ini akan menjelaskan kepada Anda tentang cara menghindari kanker serviks dengan mengenali apa saja yang menjadi faktor pemicu timbulnya kanker serviks dan apa saja gejala-gejala kanker serviks. Temukan juga informasi mengenai pilihan pengobatan herbal terbaiknya di bagian akhir artikel.

Gejala Kanker Serviks Stadium Awal

Seringkali kanker serviks tidak menimbulkan gejala-gejala yang kelihatan pada tahap awal penyebaran kanker. Oleh karena itu, pemeriksaan Pap smear (Pap smear: pemeriksaan mikroskopik dari jaringan serviks uteri untuk mendeteksi sel kanker) dianjurkan dilakukan secara rutin untuk memeriksa apakah ada pertumbuhan sel-sel abnormal di area serviks, sehingga dapat dipantau dan diobati sedini mungkin.

Seorang wanita disarankan untuk mulai melakukan pemeriksaan Pap dari usia 21 tahun.

Apabila kanker serviks sudah berada pada tahap mulai menunjukkan gejala, maka gejala-gejala yang biasanya terlihat diantaranya adalah:

  • Perdarahan vagina: Ini termasuk perdarahan yang terjadi di luar periode menstruasi, perdarahan setelah berhubungan seks, atau perdarahan paska-menopause.
  • Keputihan yang tidak biasa: Misalnya cairan keputihan yang encer, berwarna merah muda, atau berbau busuk.
  • Nyeri pinggul: Nyeri saat berhubungan seks atau pada waktu-waktu lain bisa jadi tanda-tanda kanker serviks, atau bisa juga gejala dari penyakit lain yang lebih ringan.

Jika Anda merasakan sudah mengalami ciri-ciri kanker serviks diatas, maka disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Gejala Kanker Serviks Stadium Lanjut

Kanker serviks yang sudah stadium lanjut menyebar (metastase) dari area panggul ke kelenjar getah bening atau area-area lain dalam tubuh. Jika sudah sampai menyebar, maka gejala-gejala lain yang ditimbulkan biasanya adalah:

  • Penurunan berat badan
  • Kelelahan
  • Sakit punggung
  • Nyeri atau bengkak di kaki
  • Urin atau feses yang tiba-tiba keluar dari vagina
  • Patah atau retak tulang

Ingatlah bahwa gejala-gejala diatas barus bisa dicurigai sebagai tanda-tanda kanker serviks jika disertai dengan ciri-ciri kanker serviks stadium awal yang dijelaskan di subjudul sebelumnya.

Faktor Pemicu Kanker Serviks

Ada beberapa faktor risiko yang dapat  meningkatkan risiko terjadinya kanker serviks (leher rahim) seperti berhubungan seksual di bawah usia 20 tahun, sering berganti pasangan seksual, sering melahirkan, infeksi virus (virus herpes dan virus papiloma), dan merokok.

Penelitian menunjukkan bahwa lendir serviks pada wanita perokok mengandung nikotin dan zat-zat lainnya yang ada di dalam rokok. Zat-zat tersebut membuktikan bahwa rokok memang mempengaruhi dan memicu perkembangan kanker serviks.

Pencegahan Kanker Serviks

Ada beberapa langkah pencegahan untuk menghindari kanker serviks (leher rahim). Berikut adalah beberapa langkah terbaik yang bisa dilakukan untuk pencegahan kanker serviks:

  • Menghindari hubungan seksual di usia muda
  • Jangan berganti-ganti pasangan seks
  • Menjaga kebersihan alat genital Anda dan pasangan Anda.
  • Bagi wanita yang rutin berhubungan seks dan sudah melahirkan anak dianjurkan untuk melakukan Pap smear setahun sekali
  • Hindari merokok
  • Konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang.

Jika Anda seorang wanita berusia kurang dari 26 tahun, Anda bisa mendapatkan vaksin HPV untuk pencegahan kanker serviks. Vaksin ini dilakukan sekali seumur hidup dan bisa memberikan perlindungan terhadap 2 tipe HPV yang menyebabkan kanker serviks.

Pilihan Herbal Terbaik Untuk Pengobatan Kanker Serviks

Bagi Anda yang mencari alternatif dari pengobatan medis, terdapat 3 jenis herbal yang terekomendasi untuk membantu pencegahan dan pengobatan kanker serviks, yaitu Crystal X,Enelcete, Royal jelly dan Amne. Berikut penjelasan mengapa herbal-herbal ini diyakini sanggup membantu menghilangkan gejala-gejala kanker serviks.

Meskipun ketiga jenis herbal ini sama-sama memiliki kemampuan anti kanker, namun bila dilihat dari segi empiris (berdasarkan pengalaman), yang lebih diunggulkan adalah Crystal X. Herbal ini patut untuk dicoba karena kemampuannya diketahui lebih cepat dalam menumpas kanker jika dibandingkan dengan herbal anti kanker lain. Dari pengalaman penggunanya, umumnya mereka sudah bisa merasakan perbaikan setelah 1-3 bulan pemakaian rutin.

Bila Anda sedang merasakan ciri-ciri kanker serviks, mungkin Anda khawatir kalau-kalau sudah terkena kanker serviks. Dan bagi Anda yang sudah divonis menderita kanker serviks, bisa jadi Anda merasa kalut menerima vonis tersebut. Tetapi ingat bahwa vonis kanker bukanlah akhir segalanya, justru itu adalah awal dari perjuangan Anda mengalahkan kanker.

Langkah pertama yang perlu dilakukan sekarang adalah berusaha meyakinkan diri untuk tidak menyerah. Lalu ambil langkah berikutnya dengan mencari pengobatan kanker serviks yang paling cocok dengan keadaan yang Anda hadapi. Jika sekarang Anda masih baru merasakan gejala kanker serviks (belum sampai divonis), kemungkinan besar herbal dapat efektif membantu menghilangkan gejala-gejala tersebut secara tuntas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s